3 Alasan Utama Pentingnya Belajar Kelompok

3 Alasan Utama Pentingnya Belajar Kelompok

Dalam dunia pendidikan saat ini, ada sebuah fakta yang menarik. Yaitu dengan munculnya media sosial dan perangkat seluler yang canggih, siswa merasa lebih terhubung, dan mereka cenderung menyukai belajar dalam sebuah kelompok. Sebelumnya, belajar secara berkelompok telah menjadi dilema bagi mahasiswa, membuat sebagian dari mereka resah dengan gagasan karena lebih suka melakukannya sendiri. Kelompok belajar yang efektif dapat membantu siswa mempelajari materi pelajaran dengan cara yang lebih dalam dan lebih konkret. Grup yang efektif menghasilkan energi positif, mendorong partisipasi aktif, menanamkan kedisiplinan, dan membutuhkan komitmen dari anggota. Keterampilan ini tentu saja penting untuk pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa siswa harus membentuk atau bergabung dengan kelompok belajar di perguruan tinggi.

1. Mendapatkan Pemahaman yang Lebih Baik tentang Subjek yang Dipelajari

Tidak ada argumen bahwa meluangkan waktu untuk membaca, belajar, dan mempelajari suatu subjek atau teori akan mengarah pada pemahaman yang lebih besar tentang subjek tertentu. Terlibat aktif dengan materi, belajar bersama, dan benar-benar mengetahui subjek, siswa dapat merasa diberdayakan dan termotivasi untuk melakukannya dengan baik di kelas sebagai kelompok. Belajar adalah pengalaman yang berbeda untuk setiap orang. Siswa dapat mendengar berbagai perspektif tentang subjek dan karena hal tersebut, memahaminya akan lebih mudah. Hal ini berguna dalam belajar menghadapi dunia nyata, di mana lebih dari satu solusi atau opini mendukung pemikiran kreatif dan analitis.

2. Mendapatkan Nilai Lebih Baik

Beberapa siswa terbiasa untuk menunda belajar, pekerjaan rumah, makalah, dan proyek. Kelompok belajar dapat membantu memperkuat dan mengklasifikasikan materi pelajaran, yang mengarah kepada latihan lebih lanjut terhadap subjek pelajaran, dan berpotensi memiliki IPK yang lebih baik. Dengan memahami subjek dan merasa termotivasi, siswa mungkin merasa lebih termotivasi untuk melakukan yang lebih baik di kelas, untuk menghadapi tes, dan menyelesaikan tugas. Untuk konsep tertentu, beberapa siswa mungkin lebih baik dalam menjelaskan sebuah materi kepada rekan mereka. Di satu sisi, kelompok belajar juga bagaikan sesi bimbingan belajar. Bagi mereka yang tahu materi, itu adalah cara yang bagus untuk meninjau dan memperbaiki pemahaman mereka tentang sebuah subjek pelajaran. Sedangkan bagi mereka yang masih belum memahami subjek tersebut, mereka bisa mendapatkan perspektif baru agar sesuai dengan gaya belajar mereka lebih baik.

3. Mendapatkan Wawasan Sempurna

Dengan meminta setiap anggota kelompok membaca, mempelajari, dan merangkum poin-poin paling penting dalam sebuah bab, siswa lain dalam kelompok memperoleh kemampuan memahami bab-bab pada tingkat yang lebih dalam. Siswa yang lain mungkin mengungkap tema atau teori yang orang lain mungkin awalnya tidak memahaminya, sehingga belajar dengan orang lain bisa menjadi pengalaman yang dapat membuka wawasan. Siswa dapat menganalisis temuan mereka, yang dapat berfungsi sebagai standar untuk membantu menentukan poin paling penting dari suatu bab. Hal ini juga merupakan cara untuk mendapatkan nilai penuh dari buku teks di kelas. Sayangnya, siswa mungkin kewalahan dengan jumlah bacaan atau tugas. Karena dalam satu semester terdapat banyak sekali tugas dan bacaan yang harus diselesaikan. Dan yang pasti biasanya akan memudar segera setelah materi yang mereka pelajari tidak lagi terasa relevan. Ketika berbagai siswa berbagi beban dari bahan pelajaran tersebut, mereka dapat menghargai konteks studi yang lebih luas daripada hanya mengerjakannya sendiri.

Itulah mengapa sudah sejak lama belajar secara berkelompok adalah salah satu cara yang paling efektif untuk siswa memahami apa yang mereka pelajari. Namun, kelemahan sistem belajar ini adalah ketika ada satu permasalahan yang tidak dapat dipecahkan, Anda harus menunggu di lain hari dan menanyakan masalah tersebut kepada guru atau dosen Anda. Tetapi dengan adanya gurupendidikan, Anda akan mendapatkan referensi berbagai disiplin ilmu yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *