Rencana Bisnis Modal Ventura

Rencana Bisnis Modal Ventura

Apa perbedaan utama antara rencana bisnis modal ventura dan bisnis kecil atau rencana bisnis lainnya? Jawabannya biasanya risiko. Rencana bisnis modal ventura memiliki risiko jauh lebih besar daripada rencana lain, dan sebagai hasilnya, peluang bisnis modal kecil potensi imbalan dari kesuksesan jauh lebih tinggi.

Ketika menyiapkan rencana untuk pemodal ventura, penting untuk mencoba mengurangi risiko yang melekat dalam ventura. Untuk mengurangi risiko, rencana tersebut harus menekankan bidang-bidang di mana usaha tersebut unggul. Ini akan memberi para investor validasi bahwa peluang mereka untuk sukses adalah yang tertinggi. Untuk mencapai hal ini, rencana tersebut harus, antara lain, menekankan kualifikasi tim manajemen, membuktikan bahwa besarnya peluang sangat kuat, menunjukkan keunggulan kompetitif, dan merinci rencana operasi yang akan memungkinkan usaha untuk secara efektif dan efisien pergi “dari sini ke sana.”

Ketika pemodal ventura membaca rencana bisnis, mereka terus-menerus bertanya “bagaimana jika.” Dengan memberi mereka kepercayaan diri bahwa tim, peluang, dan strategi semuanya sehat, menjawab pertanyaan “bagaimana jika” secara positif menjadi lebih mudah. Hal ini pada gilirannya mendorong mereka ke langkah selanjutnya yang biasanya bertemu dengan tim manajemen dan menilai apakah itu tim yang tepat untuk melaksanakan usaha.

Ketika mengembangkan rencana bisnis modal ventura, juga penting bahwa rencana itu diedit dengan benar. Sebagian besar pemodal ventura memiliki gelar maju dan telah menghabiskan bertahun-tahun di sekolah. Akibatnya, bisnis modal kecil mereka secara alami menemukan kesalahan ketik dan inkonsistensi lainnya, yang memberikan pandangan negatif pada usaha tersebut. Demikian juga, karena pemodal ventura harus meninjau begitu banyak rencana per minggu, membuat mereka menarik secara visual meningkatkan dampaknya.

Singkatnya, pemodal ventura adalah kelompok canggih pada investor yang “berayun untuk pagar.” Untuk menarik dana mereka, perusahaan harus menyiapkan rencana bisnis yang menarik secara tata bahasa, visual dan verbal yang menyoroti kekuatan mereka dan mengurangi risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *